Keterampilan Manajemen
Hai semuanya! Pada post kali ini saya akan membahas mengenai dasar-dasar keterampilan manajemen khususnya dalam bidang pangan. Pertama-tama kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan manajemen itu sendiri. Manajemen merupakan kegiatan dalam memanfaatkan sumber daya atau aset seperti waktu, teknologi, uang, dan lainnya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kegiatan manajemen ini dimulai dari proses dari perencanaan sampai mencapai sasaran secara efisien dan efektif.
Kegiatan manajemen ini diperlukan ketika kita akan membangun suatu usaha atau memproduksi suatu produk. Pada saat memproduksi suatu produk terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu sumber daya (supply) dan pasar (market), dimana sumber daya harus banyak tersedia dan pasar atau market tersedia. Selain itu, kita harus mempertimbangkan jenis produk yang mau kita jual, apakah berdasarkan market pull atau technology push.
Market pull merupakan produk yang memiliki pasar yang besar dan tersedia, dimana produk dibuat untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan dengan memanfaatkan supply yang ada. Apabila supply tidak tersedia maka harus dicari substitusinya.
Technology push merupakan produk yang belum memiliki pasar, dimana orang banyak yang belum mengetahui produk tersebut namun dipaksa diperkenalkan.
Pada saat akan membangun suatu usaha, kita harus terlebih dahulu menetapkan tujuan, visi, misi, dan sasaran dari usaha yang akan kita bangun. Untuk dapat mencapai tujuan, visi, misi, dan sasaran yang sudah ditetapkan tersebut diperlukan strategi. Strategi ini merupakan pengelolaan sumber daya atau supply-supply yang diperlukan untuk mencapai tujuan, visi, misi, dan sasaran usaha, seperti sumber daya manusia, modal, teknologi, dan bahan baku.
Dalam mencapai suatu tujuan, terdapat beberapa hambatan-hambatan yang sering muncul. Untuk mengatasi hambatan tersebut diperlukan taktik atau manuver, dimana taktik merupakan suatu langkah improvisasi yang dibuat untuk menghindari hambatan supaya tetap bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Taktik juga dapat digunakan untuk mengecoh kompetitor atau saingan yang kita miliki.
Sekian untuk post kali ini, semoga bermanfaat!😊
Kegiatan manajemen ini diperlukan ketika kita akan membangun suatu usaha atau memproduksi suatu produk. Pada saat memproduksi suatu produk terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu sumber daya (supply) dan pasar (market), dimana sumber daya harus banyak tersedia dan pasar atau market tersedia. Selain itu, kita harus mempertimbangkan jenis produk yang mau kita jual, apakah berdasarkan market pull atau technology push.
Market pull merupakan produk yang memiliki pasar yang besar dan tersedia, dimana produk dibuat untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan pelanggan dengan memanfaatkan supply yang ada. Apabila supply tidak tersedia maka harus dicari substitusinya.
Technology push merupakan produk yang belum memiliki pasar, dimana orang banyak yang belum mengetahui produk tersebut namun dipaksa diperkenalkan.
Pada saat akan membangun suatu usaha, kita harus terlebih dahulu menetapkan tujuan, visi, misi, dan sasaran dari usaha yang akan kita bangun. Untuk dapat mencapai tujuan, visi, misi, dan sasaran yang sudah ditetapkan tersebut diperlukan strategi. Strategi ini merupakan pengelolaan sumber daya atau supply-supply yang diperlukan untuk mencapai tujuan, visi, misi, dan sasaran usaha, seperti sumber daya manusia, modal, teknologi, dan bahan baku.
Dalam mencapai suatu tujuan, terdapat beberapa hambatan-hambatan yang sering muncul. Untuk mengatasi hambatan tersebut diperlukan taktik atau manuver, dimana taktik merupakan suatu langkah improvisasi yang dibuat untuk menghindari hambatan supaya tetap bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Taktik juga dapat digunakan untuk mengecoh kompetitor atau saingan yang kita miliki.
Sekian untuk post kali ini, semoga bermanfaat!😊
Komentar
Posting Komentar